• Sivertsen Timm posted an update 4 years, 1 month ago

    Didunia ini terdapat banyak tipe burung kicau yang di cari oleh orang. Penggolongan burung kicau dimaksudkan bagi burung-burung yang mempunyai suara yang merdu dan cantik dan juga lincah gerakannya. Lazimnya burung burung ini memiliki tubuh yang mungil, melainkan biasanya memiliki energi jual yang tinggi dari ratusan ribu sampai ratusan juta rupiah. Di Indonesia sendiri sebagai negara yang kaya akan kekayaan alam, terdapat juga beberapa variasi burung yang berasal dari local hingga mancanegara.

    Sebagian macam burung-burung kicau yang banyak dicari orang merupakan: Burung kacer Jawa yang bisa juga disebut kacer jatim. Burung ini mempunyai karakteristik berwarna hitam pada bulu-bulunya, dapat dikatakan hampir seluruh hitam kecuali pada sayapnya. Burung ini tersebar mulai dari Afrika, Jawa dan Kalimantan (Indonesia). Suara burung ini betul-betul memukau dan dapat menirukan suara di sekelilingnya. Burung ini bisa memainkan ekornya dengan atraktif, menyenangi hidup di udara yang panas, sebab biasanya akan lebih menarik lagi.
    Suhu Kicau barat. Umumnya untuk membedakan dengan kacer jatim ialah untuk kacer jabar bagian bawah hingga dadanya berwarna putih sampai ke ekor. Kisaran Harga burung kacer ini mulai dari Rp 250.000 sampai Rp 1.500.000 (tergantung situasi dan kondisi).

    Burung kenari merupakan burung bertubuh imut berukuran tinggi 8 cm dan mempunyai panjang 10-12 cm. burung ini juga cukup diminati diantara kolektor burung kicau mania. Lebih-lebih kalau burung ini mulai berkicau dengan merdu akan lebih menyenangkan pemiliknya. Dalam merawat burung ini memanglah butuh kesabaran ekstra di banding burung yang lain. Kini sudah banyak dipasarkan kandang-sangkar burung kenari di pasar, sebab peminatnya juga mulai banyak. Kisaran Harga Burung Kenari mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 900.000 (tergantung mutu dan jenisnya.

    Burung pleci juga memiliki tubuh yang kecil dan berwarna hijau lumut dan sedikit hitam. Berbeda dengan burung kenari yang lebih variatif warnanya. Burung ini juga sekarang sudah banyak diincar karena kicauannya yang indah. Sedangkan juga butuh kesabaran untuk membuat burung ini berkicau. Meski bertubuh kecil tetapi si Pleci ini kerap kali diikutkan untuk persaingan burung kicau. Kisaran Harga burung pleci mulai dari Rp 20.000 (yang muda) sampai Rp 900.000/ jutaan (tergantung kualitas).

    Demikianlah macam-variasi burung kicau yang banyak digemari orang. Meskipun bentuknya beberapa besar adalah kecil, tapi suaranya yang merdu dan cantik menjadi incaran banyak orang khususnya bagi yang menyukai mengoleksi. Namun disarankan supaya burung-burung indah ini konsisten dijaga kelestariannya supaya tak pesat punah karena yaitu bagian dari kekayaan alam nusantara. Ketika telah membeli artinya telah siap untuk bertanggung jawab atas burung hal yang demikian. Bagi yang berminat 3 ragam burung diatas dapat menjadi opsi untuk acuan.